9 Langkah Jitu Amankan Anak di Internet

 
9 Langkah Internet Jitu Amankan Anak di Internet

 1. Mengenal Area Bermain Online Mereka

Kehadiran orang tua pada kehidupan online anak itu penting mengingat anak anda saat ini akrab dengan dunia internet. Sudah sepantasnya Anda sebagai orang tua mengenal ruang gerak mereka, yang tidak kalah penting adalah mengenal teman tempat bermain mereka. Sudah tugas anda untuk selalu memastikan bahwa putra putri anda bermain internet dengan aman.
 

2. Membuat Aturan Bersama


Memberikan sebuah kebebasan yang tidak memiliki batas pada kegiatan online dapat berdampak buruk bagi anak anda. Menjadi lebih baik apabila orang tua membuat aturan tentang berapa lama waktu untuk online bagi mereka serta web dan situs apa saja yang diperbolehkan untuk di akses dan apa yang tidak boleh dikunjungi oleh mereka. Agar lebih efisien, pastikan anda membicarakan hal ini dengan putra putri anda dahulu, pun mengenai resiko dan konsekuensi yang harus mereka hadapai apabila melanggar aturan. Tempel aturan yang sudah disepakati dekat dengan meja komputer atau laptop.
 

3. Ajarkan Melindungi Privasi


Seorang anak belumlah mengerti dan sadar mengenai resiko memberikan informasi pribadi pada orang lain. Untuk itu, tugas orang tua adalah untuk membuat putra putri anda tau tentang keamanan informasi pribadi seperti :

1. Tidak memberikan nama lengkap, nomor telefon pribadi, alamat tempat tinggal juga foto tanpa seijin anda.
2. Ajarkan untuk tidak sembarangan membuka email dari orang lain yang tidak dikenal
3. Beri pengertian untuk selalu mengabaikan pesan - pesan yang tidak enak atau mengganggu
4. Tidak bertemu langsung dengan orang yang baru saja dikenal melalui internet.
 

4. Pemilihan Lokasi Komputer


Penempatan komputer yang terhubung ke Internet akan lebih baik ditempatkan pada area publik atau keluarga di rumah anda, hal ini akan memudahkan orang tua untuk dapat terus memantau kegiatan putra putri anda. Hindari menempatkan komputer didalam kamar pribadi putra putri anda.

5. Menjadi Sahabat


Seorang anak tidaklah hanya butuh materi saja dalam kehidupannya, menjadikan diri anda sahabat dan teman bermain bagi anak merupakan salah satu cara agar anak terbuka dan yakinkan anak untuk selalu memberitahu anda apabila ada hal-hal yang tidak nyaman selama ber-internet.
 

6. Komunikasi dengan ISP


Apabila dimungkinkan, hubungilah ISP ( Internet Services Provider ) anda untuk menanyakan apakah mereka mempunyai parental control yang dapat membatasi akses putra-putri anda pada situs tertentu.

7. Optimalisasi Peramban Web ( Browser )


Jika ISP tidak memiliki kemampuan atau perangkat lunak parental control, masih ada cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan optimasi terhadap peramban web anda atau browser. Caranya, pilih Tools > Pilih Internet Options > Pilih Content naikkan pada level paling atas.
 

8. Pengaturan Mesin Pencari


Mesin pencari terkenal seperti Google.com menawarkan filterisasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui Prefrences > Safesearch Setting. Apabila hal ini dilakukan maka mesin pencari google akan mampu melakukan filtering terhadap konten yang berbau seksual.
 

9. Daftar Situs Aman


Buatlah daftar situs yang diperbolehkan untuk diakses oleh putra putri anda dengan cara membuat daftar situs yang sudah terlebih dahulu anda periksa satu-satu. Contoh situs aman adalah : Wikipedia, khanacademy dll.

Suka artikel ini ?

About Cara Install

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan